Bagi Anda yang baru pertama kali membeli rumah harus berhati-hati agar tidak mendapatkan masalah di kemudian hari. Berikut tips yang perlu diperhatikan.

Tentukan lokasi yang dinginkan.
Pastikan lokasi mudah dijangkau dari tempat Anda bekerja atau tempat Anda banyak menghabiskan waktu sehari-hari. Kalau memungkinkan, lihatlah lokasi tersebut di jam pulang dan berangkat bekerja, jadi Anda dapat membayangkan waktu tempuh ketika telah tinggal di sana.

Lihat kebutuhan dan fasilitas pendukung.
Perlu dicek PAM, listrik, jumlah kamar, dapur, jalan umum, pasar, sekolah, rumah sakit, akses angkutan umum, dll. Hal ini dapat Anda tanyakan keberadaannya ketika Anda berkonsultasi dengan pihak penjual kelak.

Tentukan budget yang akan dialokasikan untuk membeli rumah.
Tentukan jumlah uang muka yang Anda punya dan carilah perumahan dengan uang muka yang sesuai dengan budget Anda. Selain itu, pastikan cicilan yang diajukan oleh pengembang maksimal 1/3 dari total pemasukan Anda. Hal ini sebagai patokan Anda agar tetap dapat hidup nyaman ketika sedang mencicil rumah.

Temukan minimal 3 calon perumahan dan kenali developernya.
Hal ini membuat Anda dapat memilih dengan leluasa dan menentukan perumahan mana yang terbaik, dari sisi fasilitas, dll. Kenali pengembang perumahan dan track record-nya dalam membangun rumah sebagai bahan pertimbangan Anda ketika memilih.

Persiapkan dana tunai untuk administrasi.
Biaya administrasi ini mulai dari uang tanda jadi, uang muka, akte jual beli, biaya balik nama sertifikat dan biaya jasa notaris, dll. yang jumlahnya dapat mencapai belasan juta rupiah.

Gali informasi tentang perumahan.
Jangan hanya dari pengembang, tanyalah pada warga sekitar yang telah lebih dulu tinggal di daerah sana mengenai kesan dan keluh kesah apa yang mereka rasakan ketika tinggal di daerah tersebut. Hal ini dapat dijadikan pertimbangan apakah Anda akan betah bila tinggal di sana.

Artikel ini disarikan dari Tabloid Rumah.

Anda ingin melakukan renovasi rumah, apartemen atau bangun baru? Renovasi Cibubur siap membantu. Informasi lebih lanjut klik di sini.