Plafon atau langit-langit rumah merupakan bidang pembatas antara atap dan ruang dibawahnya. Fungsi utamanya adalah untuk menyembunyikan instalasi listrik serta struktur rangka yang dianggap menggangu tampilan ruang.

Plafon juga berguna sebagai insulator panas, sehingga panas yang dikeluarkan atap tidak langsung masuk ke ruang di bawahnya. Dengan demikian, rumah akan terasa lebih nyaman ditempati.

Saat ini, ada banyak jenis material yang bisa digunakan sebagai plafon rumah. Dari sekian banyak pilihan, ada 3 jenis metarial yang banyak dipakai, yaitu tripleks, gipsum, dan fiber semen.

Agar tidak salah pilih, berikut karakteristi ketiga bahan plafon tersebut.

  1. Tripleks.
    Tripleks dapat dipasang berupa lembaran utuh atau dibagi menjadi 4 bagian supaya lebih mudah dipasang. Sebagai material berbahan dasar kayu yang rentan terhadap air, tripleks sebaiknya hanya dipasang di ruangan dalam (interior).
  2. Gipsum.
    Material ini banyak terdapat pada rumah berdesain modern, karena rata dan mulus. Papan gipsum dapat dipasang menggunakan rangka kayu maupun metal.
  3. Fiber Semen.
    Untuk mengatasi kelemahan tripleks dan gipsum yang kurang tahan terhadap air, jamur, benturan keras, juga rayap dan api, muncul fiber semen sebagai alternatif yang bisa digunakan untuk interior dan eksterior.

Artikel ini disarikan dari Tabloid Rumah, semoga bermanfaat.

Anda ingin melakukan renovasi rumah, apartemen atau bangun baru?
RENOVASI CIBUBUR siap membantu.