Dikutip dari buku 212 Asal Usul Djakarta Tempo Doeloe (Ufuk Press, 2012) karya Zaenuddin HM, nama Cibubur berasal dari bahasa Sunda “Ci” yang berarti aliran air atau kali dan “Bubur” yang merujuk pada makanan berupa nasi yang dimasak hingga lembek dan berair.

Karena sungai di lokasi itu memiliki air keruh yang penuh lumpur dan menyerupai bubur, maka orang-orang di sekitarnya menyebut kawasan tersebut menjadi Cibubur.

Pada masa sebelum kemerdekaan wilayah Kelurahan Cibubur merupakan bagian dari Meester Cornelis pada zaman Belanda.

Kemudian, pada 19 Agustus 1945 PPKI menetapkan keputusan mengenai pemerintahan daerah Indonesia di antaranya untuk sementara waktu daerah Indonesia dibagi dalam 8 provinsi yang dikepalai seorang gubernur.

Asal muasal wilayah DKI Jakarta modern merupakan hasil perluasan yang tidak hanya meliputi Kotapraja Jakarta, tapi juga diperluas ke arah timur dan selatan yang meliputi sebagian Kabupaten Jatinegara (Srengseng, Cawang, Pasar Minggu, Kebayoran) dan Kawedanan Kramat Jati (Ciracas dan Cibubur).

Cibubur merupakan salah satu dari lima kelurahan di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Dengan luas lahan sekitar 210 hektare, Kelurahan Cibubur berbatasan dengan Kelurahan Mekarsari.

Meskipun disebut kelurahan, Cibubur dikenal sebagai wilayah yang banyak dibangun perumahan elite, pertokoan, pusat perbelanjaan, dan tempat wisata. Sebut saja Cibubur Junction, Taman Bunga Wiladatika, dan Trans Studio Mall merupakan sejumlah destinasi yang bisa dikunjungi di Cibubur.

Asal muasal Cibubur menjadi wilayah atau kawasan bergengsi karena pembangunan perumahan Kota Wisata Cibubur oleh pengembang Sinar Mas. Kemudian, dibangun pula Kota Legenda Cibubur.

Kedua perumahan itu menjadi ikon perumahan mewah di Cibubur yang kemudian akhirnya dibangun perumahan-perumahan lainnya.

Cibubur juga terkenal karena bumi perkemahan yang dikelola Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan dikunjungi anggota Pramuka hampir setiap tahunnya.

Tempatnya yang asri dan sejuk membuat Cibubur menjadi daerah hunian favorit. Ditambah lagi, tempat tinggal mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas juga termasuk ke dalam wilayah Cibubur.

Cibubur berada di persimpangan empat wilayah sekaligus yakni Jakarta Timur, Bogor, Bekasi, dan Depok. Hal inilah yang kerap menjadi perdebatan soal di manakah wilayah Cibubur sebenarnya.

Anda ingin melakukan renovasi rumah, apartemen atau bangun baru?
RENOVASI CIBUBUR siap membantu.