Mengatur penempatan furnitur dan aksesorinya di dalam suatu ruang tidak bisa dilakukan asal-asalan. Ada trik-trikkhusus agar susunannya enak dipandang.

Berikut ini beberapa langkah untuk mengatur lay-out sebuah ruang,

  1. Ukur besar ruangan.
    Kita mesti memastikan bahwa benda-benda yang kita beli, muat di ruangan itu, dan muat juga ketika akan dimasukkan ke ruangan itu. Jadi, jangan lupa juga untuk mengukur lebar pintu, lorong, dan lebar tangga yang mungkin dilalui.
  2. Pilih point of interest.
    Adanya point of interest memberi gambaran, ke arah mana nantinya peletakan benda akan terpusat. Point of interest bisa berupa pemandangan di jendela, lukisan besar di dinding, rak buku, atau panel tv.
  3. Tempatkan yang besar dan utama lebih dahulu.
    Benda-benda yang paling mendukung aktivitas di suatu ruangan-lah yang paling harus diperhatikan. Misalnya di ruang keluarga , kita harus memperhatikan penempatan sofa. Sedangkan di ruang tidur, pikirkan peletakan tempat tidurnya. Benda-benda ini mesti menghadap ke point of interest utama atau malah jadi point interest-nya.
  4. Perhatikan lalu lintas.
    Jangan lupakan pergerakan dan lalu lintas dalam ruangan ketika menempatakan furnitur, tanaman, lampu, dan sebagainya. Penempatan yang baik tidak akan mengganggu kegiatan di ruangan serta arus pergerakan di dalam ruangan itu.
  5. Pisahkan berbagai kegiatan.
    Kalau ruangan cukup besar, biasanya ada berbagai kegiatan dilakukan di sana. Misalnya di ruang keluarga, ada kegiatan meninton TV yang membutuhkan beberapa sofa dan rak TV, berbagi dengan kegiatan untuk menelepon sehingga harus ada tambahan meja tekepon. Atau ada kegiatan membaca yang memerlukan tambahan rak buku dan kursi kecil.
    Dua kegiatan berbeda itu, bisa dipisahkan tanpa harus mempersempit ruangan. Cukup dengan menggunakan karpet di bawah meja tempat menonton TV, maka terbentuk suatu ruangan menonton TV yang terpisah dari area menelepon.
  6. Perhatikan proporsi.
    Proporsi menjadi penting karena tanpa ini, penataan akan terasa tidak imbang. Kalau di sebuah ruangan ada 2 benda yang cukup besar, jangan dipusatkan di satu tempat karena akan terasa berat di titik itu saja.
    Perhatikan proporsi dan keseimbangan benda yang bersebelahan atau berseberangan. Kursi tambahan yang ukurannya kecil akan lebih cocok berada di sebelah meja kecil atau standing lamp, ketimbang berada di sebelah sofa besar.

Anda ingin melakukan renovasi rumah, apartemen atau bangun baru?
Renovasi Cibubur siap membantu.