Renovasi rumah skala besar adalah pekerjaan yang menguras biaya, tenaga, dan emosi.

Supaya proses renovasi berjalan mulus, hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, dan semua penghuni rumah merasa senang , hindari hal-hal sebagai berikut.

  1. Jangan habiskan tabungan. Selama merenovasi, kehidupan Anda terus berjalan. Bukan tidak mungkin ada kebutuhan -kebutuhan mendadak yang membutuhkan biaya, seperti ada anggota keluarga yang sakit, ada kebutuhan sekolah anak yang harus segera dibeli, dan sebagainya. Pastikan Anda masih menyisakan dan auntuk hal-hal tersebut.
  2. Jangan lupa biaya cadangan. Walaupun Anda sudah membuat RAB, jarang sekali renovasi benar-benar tepat sesuai anggaran yang direncanakan. Entah karena ada kenaikan harga material, atau karena adanya tambahan kebutuhan di tengah jalan. Siapkan biaya cadangan sebesar 20% dari total biaya yang direncanakan.
  3. Jangan memaksakan harus selesai sekarang. Bila memang dana terbatas, tak perlu memaksakan seluruh bangunan dan isinya selesai sekarang juga. Yang penting selesaikan bangunannya dulu. Sedangkan isi rumah (seperti furnitur dan benda elektroni) bisa Anda beli sedikit demi sedikit.
  4. Jangan malas memeriksa pekerjaan tukang. Sekalipun Anda menggunakan jasa tukang yang sudah dipercaya, tetaplah rajin mengecek pekerjaan tukang. Sehingga bila ada pengerjaan yang tidak sesuai, bisa langsung cepat diperbaiki. Misalnya, jangan sampai Anda mengetahui ada yang salah pada pemasangan lantai setelah tukang selesai memasangan keramik seluruh rumah.

Anda ingin melakukan renovasi rumah, apartemen atau bangun baru? Renovasi Cibubur siap membantu. Dijamin amanah dan profesional serta gratis survey ke lokasi.